kreasindonesia

kreasindonesia adalah blog kedua saya setelah http://reflectionresults.blogspot.com/. Kata ini hasil dari penggabungan kata kreasi dan kata Indonesia. Definisi kreasi adalah hasil daya cipta atau hasil daya khayal. Sebagai bangsa Indonesia, tentunya kita harus mengharumkan bangsa ini lewat kecakapan yang kita miliki. Anda harus berkreasi atau menghasilkan sesuatu sebagai hasil buah pikiran untuk Indonesia. Kenapa? Karena Anda adalah salah satu penduduk bangsa Indonesia!

Daripada Anda menghabiskan waktu untuk menjelek-jelekkan Indonesia, alangkah baiknya bila Anda menciptakan sesuatu untuk Indonesia! Karena perubahan bangsa ini bukan ditentukan dari kata-kata yang jelek atau tidak membangun, tapi dari tindakan yang menghasilkan sesuatu! Untuk itu berkreasilah untuk Indonesia. Inilah definisi dari kreasindonesia.

Saya tidak bisa menciptakan sesuatu yang dapat mengubah Indonesia secara langsung. Tetapi setidaknya, saya berusaha menciptakan cara pandang yang baru tentang Indonesia. Untuk itulah blog kreasindonesia dibuat! Selamat Membaca, Selamat berkreasi!

Rabu, 30 Oktober 2013

Menerima Pujian = Menghargai Karya Sendiri


Sebenarnya saya sudah lama ingin membahas hal ini. Tetapi sering lupanya (hahaha ...). Kemarin, saya mengalami tentang hal ini, tentang menerima pujian. Kira-kira kejadian singkatnya seperti ini, Saya broadcast di whatsapp tentang tulisan-tulisan saya, yang ada di blog http://reflectionresults.blogspot.com. Setelah itu, teman saya berkomentar:

Teman  : Aku udah baca tadi kak, bagus ... tulisan kakak?
Saya     : Iya dunn tulisanku ;) Itu blogku.
Teman  : Orang mah dipuji, ngerendah gitu ya.. "ga, biasa aja kok"
              Ini mah, "iya dunn tulisanku"Hahahaha ... tapi bagus-bagus, lanjutkan!
Saya     : Harus belajar menerima pujian dunnn :D
Teman  : Hahahaha ... Okee ...

Bila Anda diperhadapkan hal yang sama, lalu Anda bersikap seperti saya, kemungkinan teman Anda berkomentar, "sombong amat nih anak!" Atau, "nyesel gue muji elo!"

Saya tahu persis, kita lahir di Indonesia yang budaya Timurnya masih melekat banget. Budaya Timur acap kali mengajarkan kepada kita untuk lebih santun. Sehingga bila dipuji, kebanyakan orang akan berkata, "ah enggak ... biasa-biasa aja kok." Atau ada orang-orang yang lebih rohani berkata, "ah, ini semua karena Tuhan, saya hanya alatNya saja."  Biasanya mereka yang berkata seperti itu, karena tidak mau dikatakan sombong oleh orang lain.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pernyataan itu. Namun kita juga harus sadar, bahwa kita memang layak menerima pujian tersebut, karena kita sudah bekerja keras untuk hal itu. Lagipula, bila kita dipuji oleh seseorang, berarti hal yang kita lakukan bukan “biasa-biasa aja” tapi “luar biasa!” Sehingga kita layak menerima pujian.

Bila kita selalu bilang “biasa-biasa aja” , tanpa disadari kita telah berbohong kepada diri sendiri dan orang yang memuji kita, serta sekaligus merendahkan diri kita. Ingat, rendah diri bukan rendah hati! Tentunya, sikap rendah diri atau minder itu tidak baik.

Dalam hal yang memang kita tidak layak menerima pujian, barulah kita mengatakan “biasa-biasa aja”. Saya pernah dipuji, saat saya sedang bermain gitar dan drum, biasanya yang memuji itu orang yang baru kenal dengan saya. Sebenarnya, saya tidak layak menerima pujian tersebut, karena permainan gitar dan drum saya, sayalah yang paling tahu. Nah, ini baru layak dibilang “biasa-biasa aja”. Kenapa? Sederhana! Karena memang biasa banget! Bahkan tidak berkembang. Saya pun memang tidak melatihnya secara khusus, jadi saya tidak layak menerima pujian dalam bidang musik. Paling yang layak dipuji, adalah pada saat saya BERANI tampil dengan bermain gitar atau drum. Jadi yang dipuji adalah keberaniannya, bukan permainannya.

Sederhananya, bila Anda memang merasa layak mendapatkan pujian, lalu ada orang yang memuji Anda ... Terimalah pujian tersebut dengan sukacita! Anda telah berusaha keras untuk hal tersebut! Anda layak menerima pujian!



Tidak menerima pujian = Tidak menghargai karya sendiri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar